10 cara perempuan jaga gaya hidup supaya segera hamil

egg-sperm

Sebelum mempersiapkan kehamilan, ketahuilah bahwa kesuburan Anda dipengaruhi oleh gaya hidup. Beberapa faktor alami atau bawaan mungkin tidak dapat begitu banyak Anda pengaruhi, tapi Anda dapat membuah pilihan-pilihan gaya hidup yang sehat dan berpengaruh baik bagi kesuburan Anda.

  1. Menjaga berat badan yang sehat – Kelebihan maupun kekurangan berat badan dapat mempengaruhi produksi hormon yang dapat mempengaruhi kesuburan dan menghalangi ovulasi yang normal.
  2. Mencegah penularan infeksi menular seksual – Infeksi menular seksual seperti chlamydia dan gonorrhea (kencing nanah) dapat menyebabkan ketidaksuburan pada laki-laki dan perempuan. Langkah terbaik adalah setia pada pasangan yang bersih dari infeksi dalam pernikahan yang monogami (satu pasangan saja).
  3. Makan diet sehat – Walau tak ada penelitian khusus yang mendukung diet tertentu untuk meningkatkan kesuburan maupun peluang hamil, pilihan diet sehat tetap penting. Nutrisi yang baik, termasuk asupan asam folat amat penting untuk perkembangan calon bayi bagi Anda yang berencana hamil.
  4. Jadwalkan pemeriksaan rutin – Pemeriksaan kesehatan rutin dapat mendeteksi lebih awal masalah kesehatan tertentu yang dapat mengancam kesuburan Anda.
  5. Penanganan stress – Beberapa penelitian menemukan bahwa stress dapat menurunkan kesempatan untuk hamil. Walau masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk dapat menjelaskan kaitan stress dengan kesuburan perempuan, alangkah bijaksana jika dapat meminimalisir stress dengan melakukan metode penanggulangan stress dan relaksasi yang sehat.
  6. Jangan merokok – Merokok dapat mempercepat proses penuaan indung telur Anda dan mengering sebelum waktunya (tidak lagi menghasilkan sel telur).
  7. Batasi minuman beralkohol – Peminum berat dikaitkan dengan peningkatan resiko kelainan ovulasi, bahkan penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan meminum ringan sekalipun mengurangi peluang untuk hamil.
  8. Kurangi kafein – Walau masih belum cukup bukti, beberapa penelitian menunjukkan kaitan kafein dengan penurunan kesuburan. Sebaiknya batasi konsumsi kafein Anda 200 miligram per hari.
  9. Berhati-hatilah terhadap aktivitas fisik yang berat – Aktivitas fisik merupakan bagian penting dari gaya hidup yang sehat. Namun aktivitas aerobik yang terlalu intens dapat membahayakan kesuburan wanita dengan mencegah terjadinya ovulasi dan mengurangi produksi hormon progesteron. Batasi aktivitas aerobik Anda hingga hanya 7 jam per minggu.
  10. Hindari paparan toksin – Paparan terhadap bahan kimia maupun polutan dapat membahayakan kesuburan Anda. Bahan-bahan ini bisa terkandung dalam pestisida, produk-produk penataan rambut, produk pelarut untuk dry cleaning, dan bahan-bahan kimia yang dipakai dalam proses produksi di pabrik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *