4 sensasi penting yang perlu diperhatikan perempuan untuk kesuburannya

4 sensasi yang perlu diperhatikan

Bagi perempuan yang baru akan mencoba Metode Ovulasi Billings, mungkin kesulitannya adalah membedakan sensasi-sensasi yang dirasakan pada vulva. Perempuan mengamati sensasi yang dirasakan sepanjang hari pada vulva, yang disimpulkan pada malam hari sebelum tidur, apakah sensasi tersebut adalah sensasi basah darah, sensasi kering, sensasi lembab, dan sensasi basah licin. Disarankan, pengamatan dimulai sejak hari pertama menstruasi, untuk memudahkan membedakan sensasi-sensasi yang dirasakan.

Sensasi basah darah: sensasi ini dirasakan ketika seorang perempuan mengalami menstruasi. Selain merasakan basah, bisa terlihat adanya darah. Simbol untuk sensasi ini adalah warna merah. Jika darah yang terlihat sudah semakin sedikit dan hanya bercak saja, simbolnya adalah warna merah dengan bintik-bintik hitam.

Sensasi kering: sensasi kering merupakan salah satu tanda masa tidak subur. Sensasi ini bisa dirasakan setelah selesai menstruasi atau setelah selesai masa subur, pada perempuan yang memiliki pola dasar tidak subur yang kering. Perempuan dengan sensasi kering akan lebih mudah membedakan sensasinya setelah selesai menstruasi atau setelah masa subur, karena perbedaan sensasinya akan mencolok. Selain sensasi kering, pakaian dalam pun biasanya bersih kering. Simbol untuk sensasi ini adalah warna hijau. Jika sensasi ini dirasakan dalam tiga hari setelah masa puncak (ovulasi), maka simbolnya adalah warna hijau dan angka (1, 2, 3) yang menandakan hari setelah ovulasi.

Sensasi lembab: sensasi lembab merupakan salah satu tanda masa tidak subur. Sensasi ini bisa dirasakan setelah selesai menstruasi atau setelah selesai masa subur, pada perempuan yang memiliki pola dasar tidak subur yang lembab. Selain sensasi lembab, ada kemungkinan terdapat gumpalan lendir atau noda pada pakaian dalam. Simbol untuk sensasi ini adalah warna kuning. Jika sensasi ini dirasakan dalam tiga hari setelah masa puncak (ovulasi), maka simbolnya adalah warna kuning dan angka (1, 2, 3) yang menandakan hari setelah ovulasi.

Sensasi basah licin: sensasi ini dirasakan dalam masa subur. Perempuan akan merasakan perubahan dari antara ketiga sensasi di atas, menjadi sensasi yang basah dan licin. Selain itu, terkadang disertai lendir jernih yang sangat licin dan mulur. Simbol untuk sensasi ini adalah warna putih. Hari terakhir masa subur, yaitu masa puncak (ovulasi), diketahui jika terdapat sensasi sangat licin, terdapat lendir yang licin dan mulur, vulva membengkak, dan esoknya sensasi tersebut berubah menjadi sensasi kering atau lembab. Simbol untuk masa puncak adalah warna putih dan tanda silang (x).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *