Menyusui dan kesuburan perempuan

Menyusui dan kesuburan perempuan

Setelah melahirkan, Anda akan mengalami masa tidak subur yang terjadi secara alami, masa ini dapat berlangsung sampai beberapa minggu atau bahkan bulan saat Anda menyusui bayi Anda. Produksi ASI Anda dirangsang saat bayi menghisap payudara Anda. Jika tidak ada hisapan, maka produksi ASI akan berhenti dengan sendirinya. Saat menyusui kelenjar otak memproduksi hormon prolaktin yang berperan memproduksi ASI, dan memiliki efek menghambat ovulasi selama waktu tertentu, menyebabkan ketidaksuburan.

Metode Ovulasi Billings membantu Anda mengenali masa tidak subur ini, sehingga Anda tidak perlu menggunakan kontrasepsi buatan. Anda dapat tetap menjaga kelanggengan hubungan suami istri tanpa khawatir akan kandungan hormon sintetis dalam ASI yang dapat mempengaruhi Anda dan bayi Anda.

Mulailah menyusui bayi Anda sedini mungkin setelah melahirkan. Menyusui secara teratur dan efisien sangatlah penting. Di malam-malam pertamanya, adalah normal jika bayi Anda ingin menyusu di tengah malam, hal ini juga dapat membantu produksi ASI Anda.

Masa tidak subur ini bervariasi dan tergantung pada beberapa hal karena setiap ibu dan bayi sangat unik. Ada beberapa ibu yang kembali subur dalam jangka waktu yang tak lama setelah melahirkan, namun bagi sebagian ibu lainnya kembalinya kesuburannya dapat dipicu oleh: bayi mulai diperkenalkan pada minuman atau makanan pendamping ASI, ibu tidak lagi menyusui di malam hari, sakit pada ibu atau bayi, stress, dan kelelahan pada ibu, kesulitan menghisap pada bayi, dan penyapihan.

Dengan memahami Metode Ovulasi Billings, Anda akan dapat mengenali saat kesuburan Anda muncul kembali, dan dengan demikian dapat merencanakan maupun menunda kehamilan berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *