Jangan sampai berat badan mengganggu persiapan hamil

Jangan sampai berat badan menggangu kesuburan

Sebelum Sahabat hamil penting diperhatikan mengenai kelebihan berat badan—terutama yang sangat berlebihan—dapat mempengaruhi peluang Anda untuk hamil dan melahirkan bayi yang sehat. Jika Anda kelebihan berat badan dan sedang merencanakan kehamilan di tahun depan atau tahun-tahun mendatang, Anda harus berupaya menerapkan pola makan yang sehat dan olah raga yang teratur. Berkurangnya beberapa kilo berat badan dapat menciptakan perubahan. Ketahui juga bahwa berat badan suami juga mempengaruhi peluang Anda untuk hamil.

Rumus menghitung Body Mass Index (BMI) atau indeks massa tubuh adalah:
Indeks Massa Tubuh = Berat Badan : (Tinggi Badan x Tinggi Badan)

Indeks massa tubuh yang sehat adalah sekitar 18,5 sampai 24,9 sedangkan nilai indeks massa tubuh antara 25 sampai 29,9 tergolong ‘overweight’ atau kelebihan berat badan, dan indeks massa tubuh yang lebih dari 30 tergolong obesitas.

Kekurangan berat badan juga dapat mengurangi kesuburan seorang perempuan. Kekurangan berat badan dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormonal yang mempengaruhi ovulasi sehingga dengan demikian mempengaruhi peluang seorang perempuan untuk dapat hamil. Dibandingkan perempuan dengan berat badan yang normal, seorang perempuan dengan berat badan yang kurang pada umumnya memerlukan lebih dari 1 tahun untuk dapat hamil. Memiliki indeks massa tubuh kurang dari 18,5 tergolong sebagai kekurangan berat badan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *