Kenali tanda-tanda Sahabat Perempuan sedang subur

Kenali tanda-tanda sahabat perempuan sedang subur

Segera kenali tanda-tanda subur pada Sahabat, yakni masa ovulasi. Tanda-tanda ovulasi bisa sangat beragam bagi perempuan, bahkan ada perempuan yang tidak merasakan tanda apapun saat ovulasi terjadi. Begitu pula dengan waktu terjadinya ovulasi, sebagian perempuan memiliki waktu ovulasi yang teratur dan pasti dalam setiap bulannya, namun sebagian lainnya berovulasi di tanggal yang berbeda-beda di setiap bulannya. Ada beberapa tanda khusus yang menyertai saat terjadinya ovulasi yang dapat digunakan untuk membantu mengenali dan memperkirakan waktu terjadinya ovulasi.

Tanda utama terjadinya ovulasi adalah perubahan cairan serviks. Cairan serviks yang menyerupai putih telur menandakan Anda mendekati waktu ovulasi atau sedang berovulasi. Tiap perempuan memiliki pengalaman yang berbeda-beda berkaitan dengan cairan serviksnya, tipe, dan penampakan cairan serviks pun berbeda-beda pada setiap perempuan. Ovulasi biasa terjadi saat cairan serviks terasa paling basah dan licin.

Beberapa tanda lain yang menyertai dan mungkin dialami saat terjadinya ovulasi adalah:

  • Pembengkakan vulva, yang merupakan bagian terluar dari alat kelamin perempuan, vulva akan terasa lebih empuk dan membesar menjelang ovulasi.
  • Adanya bercak darah pada cairan serviks disebabkan oleh pendarahan ringan yang terjadi saat sel telur terlepas dari indung telur.
  • Rasa nyeri dan kram pada salah satu sisi pelvis atau panggul.

Tanda-tanda ini dapat membantu Anda mengamati waktu terjadinya ovulasi walau perlu sekali lagi diingat bahwa tanda tidak sama pada setiap perempuan dan bahkan ada perempuan yang tidak merasakan gejala apapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *